Membedakan jenis Louhan Cencu dan Kamfa


Secara jujur Louhan memang banyak dibenci oleh pengemar sejati cichlid, mereka merasa bahwa ini adalah perusakan terhadap genetika suatu makhluk hidup. Tapi bagaimana juga kita sebagai manusia selalu ingin mengetahui /meneliti dan mengembangkan hal-hal yang baru.

Menurut saya apapun jenis cichlid yang di cross-breed/kimpoi silang dapat dinamakan louhan (karena nama inilah yang mempopulerkan ikan hasil silangan tersebut), walau sebagian pendapat mengatakan chinghwa / kamfa bukan louhan.

Mungkin terjadi salah kaprah tentang istilah. Tapi apapun istilahnya semua adalah sama, pada intinya memberi nama panggilan pada ikan hasil persilangan.


Louhan-louhan yang ada dipasaran pada umumnya :

1. Cencu/Zenzhu/Mutiara/Pearl Louhan

Jenis ini dibagi jadi dua tipe lagi, Klasik dan Modern

Klasik , cirinya mutiara tidak terlalu dominan, keunggulan pada warna merah yang dominan dan cerah, sebagian besar mempunyai bodi yang eklipse, agak membulat, kepala umumnya bone head (jenong struktur
tulang) ini berarti jenong tidak terlalu besar, tapi ini kembali dari moyangnya. Karena seperti anda ketahui lohan dikembangkan oleh ratusan breeder dengan rahasia masing-masing.

Kelebihan tipe klasik adalah ukuran yang lebih besar dibanding tipe modern. Sirip tidak mudah layu. Saya disini tidak menulis nama-nama jenis ini karena sangat banyak dan membingungkan bahkan menurut saya “keterlaluan”

Modern, cirinya mutiara sangat dominan, sampai ke pipi, bahkan ke jenong (kualitas tinggi). Badan umumnya persegi, jenong sudah muncul ketika ukuran 10cm++. Tipe jenong biasanya adalah Water Head, disebut water head karena banyak unsur air pada jenongnya. Sangat mudah mengempis bila kondisi tidak sesuai. Mutiara pada jenis modern sudah tampak pada ikan ukuran 3cm. Jadi sangat mudah menentukan jenis klasik atau modern apabila anda ingin membeli anakan louhan.


Sirip :
Umumnya sirip Cencu adalah lunak, keindahan sirip ini akan semakin tampak bila semaking panjang dan agak lebar. Semakin tua seekor cencu maka siripnyaakan sedikit kuncup, seperti betta fish (cupang).

Head Marking :
Karena moyang utama dari louhan cencu adalah amp. trimaculatus, maka dipastikan harus memiliki marking pada bagian kepala. Hati-hati dengan penjual louhan yang belum diketahui reliabilitasnya, apalagi anda membeli louhan pada ukuran 3 cm, jangan-jangan anda malah membeli red devil (karenapada ukuran 3cm, ada beberapa jenis cichlid yang mempunyai model yang mirip, yakni marking badan dan struktur tubuh).

Body Marking :
Grade A,B,C, sistem grade berdasarkan garis marking dari bodi, grade A marking sampai pipi, B, marking setengah badan, C, marking hanya 1 atau 2 di bagian badan. Hati-hati memilih anakan louhan berdasarkan marking, bisa saja marking itu hilang pada saat louhan dewasa, namun ada patokan pasti untuk memilih anakan louhan dengan marking yang pasti. Pilihlah anakan dengan marking yang dikelilingi oleh mutiara berwarna mengkilap silver. Marking ini tidak akah hilang walau ikan sudah dewasa.

Male/Female :
Menentukan kelamin dari jenis ini gampang-gampang susah. Cara mudahnya, lihat sirip bagian atas, apabila ada spot hitam pada siripnya maka itu adalah betina (moyang amp. trimaculatus), tapi hal ini tidak berlaku untuk cencu jenis double grade (marking ganda) dan pada chinghwa, karena hasil cross breed yang berbeda.

Cara lainnya adalah melihat kelamin (venting), tapi karena venting ini mengandung resiko tinggi, anda cukup memperhatikan tidak perlu mengambil ikan dari akuarium. Kelamin pada ikan jantan biasanya menonjol lancip, kemudian pada pangkal kelamin menyempit. Sedangkan pada betina kebalikannya, kelamin agak lebar dan tonjolan tidak terlalu kelihatan.

Cara lainnya, ingat cara ini hanya berlaku pada jenis louhan cencu. Cara ini bisaditerapkan untuk memilih anakan pada ukuran 3cm sekalipun, tapi anda harus benar-benar jeli. Amati bagian mulut bawah sampai bagian perut dengan insang,cencu jantan biasanya mempunyai lekukan menonjol dibagian perbatasan perut dengan mulut bagian bawah, kalau saya menyebutnya‘jakun’. Kalau ditarikgaris, maka bisa disebut seperti ini, lurus-menekuk-lurus. Pada betina cencu biasanya tanpa lekukan ini.

2. Kim Hwa/Cing Hwa/Jin Hua/Kamfa/Golden Flower

Jenis ini sedang tren walau mungkin akan digeser oleh jenis-jenis baru seperti Storm, Rainbow King, dan Super Red Synspillum (SRS). Soal nama paling enak kalau kita lafalin kamfa,

Sebenarnya Kamfa hasil pengembangan dari Louhan pertama kali yaitu Hua Lou Han, jadi sebelum ada Louhan yang sekarang, 10 tahun yang lalu sudah dikembangkan generasi awal dari Kamfa.

Istilah nama :
Kim=Cing=Jin=Emas/Golden
Hwa=Hua=Fa=Bunga/Flower

Ciri-ciri dapat diuraikan sebagai berikut :


Sirip :
Menentukan kamfa atau bukan adalah sirip, harus kaku dan lebar, sejak kecil kamfa sudah menunjukkan siripnya yang kaku, lebar dan selalu berdiri kalau sedang beraktifitas. Untuk menentukan lebar tidaknya, ambil patokan sirip atas dekat kepala, kamfa mempunyai perbedaan lebih lebar +- 2mm dibanding lohan
cencu pada ukuran bodi 3cm.

Pada bagian ekor, ekor kamfa mengembang berbentuk kipas dan sirip bawah lebar merapat ke ekor, semakin besar akan semakin rapat, ini yang dinamakan wrap tail (sirip menutup).

Head Marking :
Head Marking pada kamfa tidak boleh besar, bahkan seharusnya tidak tampak sama sekali, walau ada berarti sudah dikimpoisilang dengan jenis cencu.

Body Marking :
Untuk sistem grade, kamfa sama dengan cencu ada grade A,B,C, tapi umumnya penilaian (saat kontes) marking hanya 10%, beda dengan penilaian cencu yangbisa mencapai 15-20%.

Marking kamfa biasanya hitam solid dan tidak harus marking bergaris-garis/bertingkat.

Male/Female :
Menentukan jenis kelamin kamfa kecil sangat sulit, pada umumnya harus mengunakan cara venting, atau pengamatan kelamin. Cara lain , tunggu sampaiberukuran 10-15cm, apakah menetaskan telur atau tidak, ingat louhan dapat menetaskan telur tanpa adanya penjantan, tapi yang pasti tidak akan jadi burayak.

Pada Kamfa warna hitam pada sirip atas bukan jaminan pasti untuk menentukan jantan atau betina. Namun umumnya betina tidak jenong dan bentuk muka terlihat lebih lancip.





Sumber : Ebook McGyver’s Investigation File #881