Cichlasoma Synspilum

Common Names: Firehead Cichlid, Quetzal Cichlid, Redhead Cichlid 
Cichlasoma Synspilum masih termasuk familiCichlidae. Ciri khasnya, kepalanya nonong, ikan ini berasal dari sungai Rio Usunacinta, Guatemala - Amerika Latin. Warna merah jambu mengguyur bagian kepala, wajah hingga sirip depan bagian atas, berlanjut terus ke belakang insangnya sampai ke bagian belakang tubuhnya. Dibagian sirip atas dan ekornya, warna merah jambu itu bercampur kuning keemasan dan bercak hitam.

Corak warnanya itu akan tampak sangat cemerlang jika ia sudah berukuran sekitar 20 cm.

Jika hendak dipelihara dalam akuarium, Cichlasoma synspilum memerlukan air ber-pH 7 dengan suhu 22 - 30 derajat Celcius.

Karena ia menghendaki air yang bersih, maka airnya harus diganti 5 hari sekali. Air yang cocok untuk Cichlasoma synspilum ini adalah air sumur yang belum tercemar. Akuarium untuk Cichlasoma synspilum sebaiknya dipasangi filter dan aerator. Selain itu, akuarium juga perlu diberi batu - batuan, untuk menyerap kotoran ikan maupun sisa - sisa makanannya. Dengan adanya filter, kotoran yang mengambang di permukaan air akan tersedot ke dalam tabung filter. Sementara aerator akan memasok oksigen ke dalam air akuarium.

Di alam aslinya, ia senang memakan tumbuhan, larva, maupun ikan - ikan kecil. Akan tetapi, Cichlasoma synspilum yang dipelihara dalam akuarium bisa diberi pakan khusus kalengan, ikan mas kecil, udang, cacing sutera (tubifex), bahkan sayuran.

Cichlasoma synspilum sangat aktif bergerak, meskipun hanya pelan - pelan saja. sebenarnya ia termasuk dalam jajaran ikan yang agresif, dan gemar sekali memangsa ikan lain yang lebih kecil. Oleh karena itu, ia tidak bisa dibiarkan hidup seakuarium dengan ikan lain yang ukurannya lebih kecil.

Pertumbuhannya amat lambat, untuk mencapai panjang badan 20 cm memerlukan waktu 2,5 tahun, meskipun ia sudah diberi pakan yang cukup.










sumber : Fish Freshwater Aquarium