Tips Pemeliharaan Luo Han

Luo Han boleh dikatakan mudah dipelihara dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan menggunakan stadard perawatan pada umumnya, ikan tersebut sudah akan hidup dan tumbuh dengan baik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
Pelihara louhan pada akuarium dengan ukuran yang memadai. Panjang akuarium dianjurkan setidaknya 4 kali panjang ikan louhan. Ruang gerak yang cukup banyak akan memicu pertumbuhan yang baik.

Beberapa hobiis sering menyarankan agar memberikan dasar akuarium berupa kerikil berwarna terang, seperti merah dengan harapan akan memicu warna ikan. Perlu diketahui bahwa indukan aseli ikan luohan berasal dari lingkungan perairan dengan bebatuan berwarna pucat, sehingga tidak tertutup kemungkinan pemberian dasar atau dekorasi ber warna-warni malah akan menyebabkan ikan tersebut menjadi stress. Sampai tahap tertentu bisa saja terkesan bahwa warna ikan terpicu, hal ini disebabkan karena refraksi atau pentulan warna tersebut pada sisik ikan yang bersangkutan, atau karena kecenderungan kemampuan adaptasi/kamuflase pada ikan yang bersangkutan.

Untuk memicu warna, berikan pakan yang memiliki kandungan beta karoten, atau astaxhantin tinggi. Bahan ini tidak dapat diproduksi oleh ikan, sehingga perlu ditambahkan pada pakannya. Meskipun demikian perlu diketahui bahwa bahan ini hanya akan digunakan oleh ikan seperlunya saja. Pemberian yang berlebihan akan dibuang oleh ikan dalam bentuk kotoran (faeces).

Untuk memperbesar jidat, atau nongnong (nuchal hump) terdapat bebeberapa versi. Fungsi dari nongnong sendiri pada keluarga cichlid masih diperdebatkan. Beberapa ahli menyebutnya sebagai alat untuk berkelahi, sebagai daya tarik seksual, sebagai alat bantu hidrodinamika ikan, sebagai penyimpan cadangan lemak, dan lain-lain.

Hasil analisis menunjukkan bahwa nongnong terdiri dari lemak dan air. Sehingga anggapan bahwa nongnong ini sebagai penyimpan cadangan lemak memang beralasan. Dengan demikian pemberian pakan mengandung lemak diharapkan bisa memicu pertumbuhannya.

Berapa hobiis memasang cermin pada akuarium luohannya dengan harapan akan memicu pertumbuhan nongnong. Hal ini tampaknya disandarkan pada anggapann bahwa "nongnong" adalah alat berkelahi. Sehingga pemasangan cermin diharapkan akan merangsang pertumbuhan nongnong akibat ikan merasa seakan memiliki musuh.

Beri pakan secukupnya dengan pakan yang mengandung nutrisi tepat dan seimbang. Luohan dapat menerima pakan hidup, seperti udang, ikan dan cacing; pakan beku, dan juga pakan buatan (pellet) 

Jaga kualitas air dengan filter yang memadai.


Lakukan koreksi secepatnya apabila dijumpai penyimpangan pada parameter air.

Sumber : www.o-fish.com